Beginilah 10 Tanda Kucing Sebelum Mati Yang Harus Kamu Tau

Kematian adalah proses alami yang pasti dialami oleh semua yang bernyawa.

Tak terkecuali pada hewan  peliharaan kucing, yang biasanya akan menunjukkan gejala-gejalanya beberapa hari atau jam sebelum kematiannya.

Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan yang sedang sakit mungkin kamu harus tahu apa saja tanda kucing sebelum mati, supaya setidaknya kita sebagai pemilik kucing bisa memberikan perawatan yang maksimal sebelum kematian menjemputnya.

Nah Berikut ini adalah 10 Tanda Kucing Sebelum Mati Yang Harus Kamu Tau, sehingga kamu bisa bersiap siap dan memberikan perawatan secara maksimal.

 

 

Photo by Emre Gencer from StockSnap

1. PERILAKU BERUBAH

 

Nutrisi yang lengkap mampu membantu meningkatkan masa hidup kucing agar lebih lama. Sekarang ini, banyak kucing yang bisa hidup hingga 17 sampai 20 tahun.

Salah satu gejala yang jelas sekali dialami oleh kucing yang akan mati ialah berubahnya kepribadian seiring menuanya usia mereka. Bisa dilihat dari urinnya atau terlihat seperti depresi.

Meski tidak melulu tanda bahwa mereka akan mati, berubahnya kepribadian menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang buruk tengah terjadi.

 

 

Photo by Viktor Hanacek from Picjumbo

2. TIDAK MAU MANDI

 

Kebiasaannya yang satu ini jika tidak mereka lakukan, maka pastinya ada sesuatu yang salah dengan kucing kamu.

Kucing menghabiskan waktu lebih banyak saat ‘grooming pribadi’, jadi ketika mereka tidak mau melakukan hal ini, berarti itu menunjukkan mereka sedang bemasalah. Bisa jadi, mereka menempelkan tubuh mereka ke barang perabot untuk meninggalkan bau badan mereka sebagai tanda kalau kucing kamu akan segera mati.

 

 

Photo by Freestocks.org from StockSnap

3. BERHENTI MAKAN

 

Agak sulit untuk menentukan apakah gejala yang dialami kucing berada pada titik sakit atau akan mati.

Namun jika kucing kamu berhenti makan, termasuk ketika kamu memberi makan kesukaannya, kucing kamu berarti berada pada keadaan darurat. Gejala ini termasuk gejala umum bahwa kucing kamu sedang bermasalah.

Kucing yang benar-benar sakit tentunya akan kehilangan nafsu makannya.

Hal ini disebabkan karena kucing merasa tidak sehat dan terlalu lelah hanya untuk makan. Mereka juga tidak membutuhkan makanan karena kepasifannya.

 

 

Photo by Sabri Tuzcu from StockSnap

4. LEBIH BANYAK TIDUR

 

Kucing tidak memiliki banyak waktu tidur, kalau kucing kamu adalah kucing yang sangat aktif.

Ketika kucing kamu terlihat pasif dan menghabiskan waktu dengan banyak tidur, bisa jadi bahwa kucing kamu sedang sakit. Mereka mungkin saja bergerak, namun tidak jauh dari tempat tidurnya.

Banyak tidur disebabkan karena mereka lemas untuk beraktivitas dan juga bagian dari berubahnya kepribadian mereka.

 

 

Photo by Sara Pavic from StockSnap

5. PANDANGAN MENJADI BURUK

 

Pengelihatan terganggu karena Adanya gangguan pada otak kucing ketika sebelum mati, membuat penglihatannya terganggu.

Ditandai dengan kucing kamu mulai tertabrak benda sekelilingnya ketika berjalan, kesulitan melihat dinding, atau sempoyongan ketika melihat ke bawah.

Untuk menghindari kondisi fatal, sebaiknya kamu memperhatikan kucingmu. Buat kucing kamu nyaman dengan kondisi sekitarnya dan taruh makanan dekat dengan posisinya.

Baca Juga : Harga Kucing Setara Rumah? Inilah 6 Jenis Kucing Yang Harganya Setara Rumah

 

 

Photo by Kristin Hardwick from StockSnap

6. KEBINGUNGAN

 

kamu mungin akan melihat kucing kamu seperti kebingungan dan mengalami disoerientasi terhadap sekitar. Kucing yang terlihat bingung adalah tanda bahwa otaknya tidak berfungsi dengan baik.

Toksin sudah terbentuk di dalam tubuh dan menumpuk, sehingga fungsi kognitifnya terpengaruh. Terutama jika kucing kamu mengalami gangguan hati.

Perubahan seperti ini umumnya terjadi satu atau dua hari sebelum kematiannya.

 

 

Photo by Ghost Presenter from StockSnap

7. MENGHINDAR

 

Kucing akan menghindar dari kegiatan yang biasanya, dan juga menjauhi orang-orang termasuk yang memeliharanya ketika ia akan mati.

Sehari atau dua hari sebelum kematiannya, kucing bahkan sama sekali tidak ingin ditemani manusia. Mereka tidak lagi mau menyambut kamu di depan pintu, tidak meminta makanan, apalagi berlarian keliling rumah.

Tetapi, ada juga kucing yang menempel dengan sang majikannya ketika akan mati. Dan Mereka ingin ditemani secara terus menerus.

Hal ini penting diketahui untuk memutuskan apa yang mereka inginkan.

Entah itu ingin ditemani atau menghindar, kita juga sebagai sang pemilik harus menghormati.

Dan Beri kucing kamu ruang. Kita hanya perlu memastikan bahwa kucing merasa nyaman melakukan apapun disaat terakhirnya.

 

 

Beginilah 10 Tanda Kucing Sebelum Mati Yang Harus Kamu Tau
Photo by EVG Photos from StockSnap

8. LESU DAN BAU

 

Dua hal ini merupakan tanda-tanda kucing akan mati.

Sudah sangat gawat ketika kucing kamu malas sekali untuk bergerak, terutama jika bagian kakinya yang lesu. Jika sudah lesu seperti ini, maka sebaiknya kamu menyediakan makanan dekat dengan mereka.

Jadi ketika mereka akan makan, mereka tidak perlu bergerak atau berjalan jauh untuk meraihnya.

kucing yang lesu dan malas makan, akan berakibat organnya menjadi bermasalah. Ketika kesalahan organ tersebut terjadi pada kucing, umumnya kucing tidak bisa mengendalikan toksin pada tubuh mereka. Akibatnya, badan kucing mengeluarkan bau tidak sedap.

Dan Tidak hanya badan, tapi juga deru nafasnya bisa menjadi bau.

 

 

Photo by Mikhail Vasilyev from StockSnap

9. BERSEMBUNYI

 

Salah satu ciri-ciri kucing sebelum mati adalah mereka memilih untuk bersembunyi.

Binatang cenderung mengisolasi diri ketika kematiannya sudah dekat.

Kucing yang sudah tahu bahwa ia akan mati. Biasanya akan mulai mencari tempat yang dianggapnya sangat nyaman, dan mencari tempat yang memang benar-benar tidak panas, teduh atau mungkin gelap.

Jika mereka tidak menempati kandangnya, rumahnya atau tempat yang biasa mereka tiduri dan malah bersembunyi di suatu tempat selama beberapa hari, bisa jadi kematian kucing kamu sudah dekat.

 

 

Beginilah 10 Tanda Kucing Sebelum Mati Yang Harus Kamu Tau
Photo by Matthias Zomer from StockSnap

10. DETAK JANTUNG MELEMAH

 

Gejala atau ciri-ciri kucing yang akan mati, memang akan lebih jelas ketika diperiksakan ke dokter hewan.

Tanda-tanda ini biasanya berupa ritme jantung yang tidak normal, suhu badannya yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, dan bisa juga disebabkan gangguan pernafasan.

Selain itu, kucing kamu bisa saja mengalami diare dan keluarnya urin yang tidak seperti biasanya.

Jika pernafasan mereka berada di antara 20-42 kali dalam semenit, dan detak jantungnya berkisar antara 140-200 detak per menit, dan suhu tubuhnya sekitar 38 derajat celcius, bisa jadi kalau kucing kamu sedang menunjukkan gejala akan mati.

Kamu bisa Pastikan hal ini ke dokter hewan, setelah itu buat kucing kamu berada pada perawatan yang membuatnya nyaman.

 

Itu tadi adalah 10 ciri-ciri kucing ketika sebelum mati, semoga kamu sekarang peka dengan tanda-tanda gejala kematian kucing! Dan kamu juga bisa menikmati artikel kami dalam bentuk video dibawah ini, atau bisa langsung saja ke channel Youtube Pusat Kucing Indonesia!

Terkadang sering kali kita lupa untuk memperhatikan kesehatan kucing sendiri, nah artikel ini akan Membahas tentang bagaimana cara menjaga kesehatan kucing anda..

Kucing pedia membahas berbagai topik tentang kucing yang mungkin belum kamu ketahui, dari cerita lucu, membahas kucing populer, dan masih banyak lainnya..

Meskipun kebanyakan orang dekat dengan kucingnya, tapi masih banyak juga yang belum mengetahui fakta-fakta yang belum anda ketahui loh, yuk mari di simak..

VIEW MORE