Panduan Dan Cara Yang Tepat Mengganti Makanan Kucing

Panduan Dan Cara Yang Tepat Mengganti Makanan Kucing!!

Kamu sering gonta-ganti makanan kucing? Atau kucing kamu mendadak mencret karena kamu ganti makanannya secara tiba-tiba? Jika iya, sebaiknya berhenti dan ubah kebiasaan sering mengganti makanan kucing secara tiba-tiba, karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing.

Memperkenalkan kucing dengan makanan baru harus dilakukan secara perlahan, untuk menghindari kemungkinan gangguan pencernaan. Ikuti panduan sederhana selama tujuh hari untuk memudahkan proses transisi makanan baru secara aman dan hati-hati.

Kapan Harus Mengganti Makanan Kucing?

Ada saatnya kamu memutuskan untuk mengubah makanan kucing. Mungkin ada beberapa kondisi, seperti :

  • Anak kucing sudah siap untuk beralih ke makanan dewasa, atau dewasa ke senior.
  • Kesehatan kucing berubah dan membutuhkan makanan yang lebih khusus.
  • Kamu memang ingin mengubah rencana pemberian makanan basah, kering, homemade atau campuran

Mengganti makanan kucing harus sesuai dengan usia dan kondisi Kesehatan kucing, setiap perubahan pada makanan harus dilakukan secara bertahap ya. Beberapa kucing mungkin akan tidak nyaman saat diberikan makanan baru. Perilaku menghindar itu disebut neofobia. Diyakini bahwa perilaku ini adalah semacam perlindungan terhadap konsumsi makanan yang beracun atau tercemar.

Nah oleh karena itu lebih baik memperkenalkan jenis makanan baru harus secara bertahap ya, supaya mengurangi kemungkinan factor stress, serta untuk menghindari penolakan terhadap makanan baru.

Baca Juga : Makanan Yang Tepat Untuk Kucing! Yang Basah atau Kering?

Cara Transisi Untuk Makanan Kucing Kamu

Apa yang dimaksut dengan transisi? Yaitu untuk memadukan antara makanan lama dan makanan baru. Sebaiknya memperkenalkan makanan bar uke kucing kamu secara perlahan ya, setidaknya selama satu minggu. Dengan car aini kamu bisa membantu kucing kamu menghindari sakit perut, neofobia, atau kecemasan lain pada kucing.

Kamu bisa memperkenalkan makanan baru dalam jumlah kecil, kemudian sedikit demi sedikit ditambah rasionya sampai kucing kamu benar-benar terbiasa ke makanan yang baru.

Panduan Dan Cara Yang Tepat Mengganti Makanan Kucing

Panduan Dan Cara Yang Tepat Mengganti Makanan Kucing

Panduan diatas bukanlah patokan mutlak. Pergantian makanan bisa dipercepat kalau feces tidak berubah / tidak mencret secara terus menerus. Kucing yang terbiasa dengan makanan yang bervariasi biasanya tidak bermasalah dengan perubahan makanan secara tiba-tiba. Tapi pada beberapa kucing dengan saluran pencernaannya yang sensitive, pergantian makanan dapat dilakukan dalam waktu yang lama. Porsi makanan baru bisa dinaikan sedikit demi sedikit agar pencernaan kucing dapat menyesuaikan dengan makanan baru.

Nah itulah Cara Yang Tepat Mengganti Makanan Kucing! Dan yang perlu di Perhatikan baik-baik adalah perilaku dari kucing kamu saat beralih sepenuhnya ke makanan baru ya. Supaya kamu bisa tahu seberapa baik kucing kamu merespons perubahan makanannya, bisa dilihat dari berat badan dan kualitas kotoran kucing kamu.

Terkadang sering kali kita lupa untuk memperhatikan kesehatan kucing sendiri, nah artikel ini akan Membahas tentang bagaimana cara menjaga kesehatan kucing anda..

Kucing pedia membahas berbagai topik tentang kucing yang mungkin belum kamu ketahui, dari cerita lucu, membahas kucing populer, dan masih banyak lainnya..

Meskipun kebanyakan orang dekat dengan kucingnya, tapi masih banyak juga yang belum mengetahui fakta-fakta yang belum anda ketahui loh, yuk mari di simak..

VIEW MORE